PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SD
UNIVESITAS
MUHAMMADIYAH JAKARTA
SILABUS
MATA KULIAH
MATA KULIAH : ETIKA
& PROFESI KEPENDIDIKAN
KODE MATA KULIAH : -
BOBOT SKS : 2
SKS
SEMESTER : II (Dua)
PROGRAM STUDI :
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DOSEN : 1. Herwina Bahar, MA

I. TUJUAN :
Melalui
mata kuliah ini
mahasiswa dapat menjelaskan
konsep konsep pengem-
bangan
profesi guru dan
melaksanakan upaya pengembangan
profesi guru serta
kode etik guru dan etika profesi guru
II. DESKRIPSI:
Matakuliah
ini membahas hakikat
ajaran moral untuk
memperoleh orientasi kritis
sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman
moral, perasaan moral
dan
tindakan moral terkait
dengan profesi guru
dan profesi tenaga
kependidikan
lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka,
diskusi, dan penugasan. Evaluasi
mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah
Semester (UTS), Tugas-tugas
dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
III.
BUKU SUMBER
1.
Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20
Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
-
Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
-
Permendiknas No. 16
Tahun 2007 tentang Kualifikasi
dan Kompetensi Guru
-
Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
-
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
-
Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana.
1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O,
dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan .
Bandung: Aditama
IV. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Ekspositori
2. Diskusi
3.
Penugasan
V. MEDIA PEMBELAJARAN:
LCD , Laptop, white board dan perlengkapannya.
VI. EVALUASI:
Tugas
mandiri,Tugas Terstruktur, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir
Semester (UAS)
RENCANA
KEGIATAN PERKULIAHAN
SEMESTER
GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SD UMJ
Mata Kuliah : Etika & Profesi Kependidikan
Semester / Sks : II /
II
Dosen : 1. Herwina Bahar, MA
2. Siska kusumawardani S, Pd
Pertemuan Ke
|
Pokok Pembahasan
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
:
1.
Tujuan mata kuliah
2.
Ruang lingkup mata kuliah
3.
Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan
4.
Kebijaksanaan penilaian hasil belajar
5.
Tugas yang harus diselesaikan
6.
Buku ajar
7.
Kebutuhan belajar mahasiswa
8.
Lain-lain.
|
Ekspositori
|
2
|
Dasar,
fungsi, tujuan pendidikan nasional, dan tugas, hak, serta kewajiban tenaga kependidikan
|
Diskusi
|
3
|
Konsep
Dasar Etika Profesi Keguruan ; Tinjauan
Umum,
pengertian etika, profesi, pentingnya
etika
profesi,
perkembangan etika profesi dan kode etik
profesi
|
|
4
|
Hubungan
Nilai, Norma dan Sanksi
|
Diskusi
|
5
|
Nilai-nilai
etika dalam Kode Etik Profesi Guru
|
|
6
|
Pengertian
profesional, Profesi dan Profesionalisme
kerja, Asas pokok profesionalisme, Aspek-aspek yang
perlu diperhatikan dalam mengembangkan
Profesionalisme, Karakteristik profesionalisme, Watak kerja seorang
profesionalisme
|
Diskusi
|
7
|
|
|
8
|
Tahapan
pengembangan guru profesional, alur, dan
kebijakan pengembangan profesi dan karir guru
|
Diskusi
|
9
|
Esensi
dan prinsip-prinsip peningkatan kompetensi
dan
karir guru serta jenis program pendidikan dan
latihan
(Diklat) guru
|
Diskusi
|
10
|
Penilaian
kinerja Guru:
a. Pengertian Penilaian kinerja Guru
b. Persyaratan, prinsip-prinsip, dan
aspek
penilaian
kinerja guru
c. Prosedur pelaksanaan penilaian kinerja
Guru
|
Diskusi
|
11
|
Perlindungan
dan penghargaan terhadap guru
|
Diskusi
|
12
|
Pengantar
teori kepribadian :
1. Teori Kepribadian Freud
2. Teori kepribadian Skinner
3. Teori Kepribadian Abraham Maslow
|
Diskusi
|
13
|
Analisis
dan Refleksi Fenomena Guru terpuji/teladan
|
Diskusi
|
14
|
Analisis
dan Solusi Fenomena Pelanggaran Etika
oleh
Guru
|
Diskusi
|
15
|
Refleksi
Individu tentang Sosok Guru SD
|
Diskusi
|
16
|
Ujian
Akhir Semester UAS
|
|
Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran :
Aspek – aspek yang dinilai :
1. Tugas
Terstruktur (TS) dengan bobot 2.
2. Tugas
Mandiri (TM) dengan bobot 2.
3. Ujian
Tengah Semester (MS) dengan bobot 3.
4. Ujian
Akhir Semester (AS) dengan bobot 3.
Dengan hasil akhir mengikuti rumus :
NA = ((2*TS) + (2*TM) + (3*MS) + (3*AS)) / 10
Dengan klasifikasi sebagai berikut :
Nilai A :
3,60 – 4,00
Nilai B :
3,00 – 3,59
Nilai C :
2,00 – 2,99
Nilai D :
1,00 – 1,99
Nilai E :
0,00 – 0,99
Jakarta , September 2014
Penanggung Jawab,
Siska kusumawardani,
S.Pd
MATKUL : PEMELAJARAN PKN DI SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar