Minggu, 24 Mei 2015

SILABUS ETIKA DAN PROFESI PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SD
UNIVESITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

SILABUS MATA KULIAH

MATA KULIAH                       : ETIKA & PROFESI KEPENDIDIKAN
KODE MATA KULIAH          : -
BOBOT SKS                              : 2 SKS
SEMESTER                               : II (Dua)
PROGRAM STUDI                  : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DOSEN                                       : 1. Herwina Bahar, MA
             2. Siska Kusumawardani, S.Pd

I.   TUJUAN : 
Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-
bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 
kode etik guru dan etika profesi guru   

II.  DESKRIPSI:  
Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis 
sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral 
dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan 
lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi 
mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas 
dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

III. BUKU SUMBER  
1.  Perundang-undangan Pendidikan:
-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 
-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 
-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 
-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 
-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 
-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 
-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 
-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 
2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 
3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   

IV.  METODE PEMBELAJARAN:  
1.  Ekspositori
2.  Diskusi
3.  Penugasan 

V.   MEDIA PEMBELAJARAN:
LCD , Laptop, white board dan perlengkapannya. 

VI.  EVALUASI: 
       Tugas mandiri,Tugas Terstruktur, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir 
Semester (UAS) 










RENCANA KEGIATAN PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SD UMJ

Mata Kuliah   :  Etika & Profesi Kependidikan
Semester / Sks :  II / II
Dosen              :  1. Herwina Bahar, MA
   2. Siska kusumawardani S, Pd

Pertemuan Ke
Pokok Pembahasan
Metode
1
Pendahuluan :  
1.    Tujuan mata kuliah
2.    Ruang lingkup mata kuliah
3.    Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan
4.    Kebijaksanaan penilaian hasil belajar
5.    Tugas yang harus diselesaikan
6.    Buku ajar
7.    Kebutuhan belajar mahasiswa
8.    Lain-lain. 
Ekspositori 

2
Dasar, fungsi, tujuan pendidikan nasional, dan tugas, hak, serta  kewajiban tenaga kependidikan
Diskusi 

3
Konsep Dasar Etika Profesi Keguruan ; Tinjauan 
Umum, pengertian etika, profesi, pentingnya   etika 
profesi, perkembangan etika profesi dan kode etik
profesi 

4
Hubungan Nilai, Norma dan Sanksi  
Diskusi
5
Nilai-nilai etika dalam Kode Etik Profesi Guru 

6
Pengertian profesional, Profesi dan Profesionalisme  kerja, Asas pokok profesionalisme, Aspek-aspek  yang  perlu  diperhatikan dalam mengembangkan Profesionalisme, Karakteristik profesionalisme, Watak kerja seorang profesionalisme 
Diskusi 

7
Ujian Tengah Semester   UTS  

8
Tahapan pengembangan guru profesional, alur,  dan kebijakan pengembangan profesi dan karir guru 
Diskusi 

9
Esensi dan prinsip-prinsip peningkatan kompetensi 
dan karir guru serta jenis program pendidikan dan
latihan (Diklat) guru 
Diskusi 

10
Penilaian kinerja Guru: 
a.  Pengertian Penilaian kinerja Guru
b.  Persyaratan,  prinsip-prinsip,  dan  aspek 
penilaian kinerja guru 
c.  Prosedur pelaksanaan penilaian kinerja Guru  
Diskusi 

11
Perlindungan dan penghargaan terhadap guru 
Diskusi 
12
Pengantar teori kepribadian : 
1.  Teori Kepribadian Freud
2.  Teori kepribadian Skinner 
3.  Teori Kepribadian Abraham Maslow  
Diskusi 
13
Analisis dan Refleksi Fenomena Guru terpuji/teladan  
Diskusi 
14
Analisis dan Solusi Fenomena Pelanggaran Etika 
oleh Guru
Diskusi 
15
Refleksi Individu tentang Sosok Guru SD
Diskusi 
16
Ujian Akhir Semester  UAS 


Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran : 
Aspek – aspek yang dinilai : 
1.  Tugas Terstruktur (TS) dengan bobot 2.
2.  Tugas Mandiri (TM) dengan bobot 2.
3.  Ujian Tengah Semester (MS) dengan bobot 3. 
4.  Ujian Akhir Semester (AS) dengan bobot 3.  
Dengan hasil akhir mengikuti rumus : 
NA = ((2*TS) + (2*TM) + (3*MS) + (3*AS)) / 10
Dengan klasifikasi sebagai berikut :
Nilai A     : 3,60 – 4,00
Nilai B     : 3,00 – 3,59
Nilai C    : 2,00 – 2,99
Nilai D     : 1,00 – 1,99
Nilai E    : 0,00 – 0,99  
Jakarta ,      September 2014
Penanggung Jawab,


Siska kusumawardani, S.Pd


DOSEN : DIRGANTARA WICAKSONO
MATKUL : PEMELAJARAN PKN DI SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar